Senin, 14 Agustus 2017

10 Tips melupakan orang lain berdasarkan hukum islam

Melupakan seseorang khususnya orang yang disayangi adalah hal yang bisa dikatakan sulit, bahkan terkesan tidak mungkin. Pada dasarnya setiap perbuatan pasti akan memunculkan kenangan, entah itu kenangan manis maupun pahit. Islam sendiri mengajarkan kepada semua manusia untuk berukhuwah/bersaudara dan melarang permusuhan. Karena dengan bersama dan bersaudara maka dapat menciptakan kerukunan, kedamaian dan ketenteraman dalam menjalani hidup. Namun hal ini berlainan dengan kehidupan dan kepribadian masing-masing orang pada masa sekarang ini. Banyak yang sengaja menciptakan permusuhan dengan melakukan kerusuhan yang dapat menimbulkan terputusnya hubungan darah bahkan hingga pembunuhan.

Dalam hal ini islam adalah agama yang netral dan damai, tidak menginginkan adanya permusuhan. Islam adalah agama yang tunduk terhadap tuhan (Allah swt). Sehingga hal yang menjauhkan diri dari Allah maka itu bukanlah islam yang sebenarnya. Barang siapa berbuat sesuatu yang bisa menjauhkan diri dari Allah maka akan mendapat sanksi yang berat berupa dosa. Pada zaman sekarang telah rawan adanya hubungan antara sesama insan untuk saling menyayangi dan mencintai. hal tersebut sudah menjadi maklum karena pada dasarnya setiap orang pasti akan mencintai orang lain. Namun jika hal itu bisa membuat diri kita lupa kepada Allah, maka itu dilarang.

Berikut adalah 10 tips/cara yang bisa dilakukan untuk melupakan orang lain sehingga kita bisa lebih dekat dengan Allah :

1. Mohon kekuatan dari Allah SWT

Pada dasarnya setiap hal yang dimiliki oleh manusia adalah pemberian dari Allah, setiap hal yang terjadi adalah berasal dari kehendak dan kuasa Allah dan hanya kepada-Nya kita akan kembali.

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu sedangkan ia baik untukmu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu sedangkan ia buruk untukmu. Allah maha Mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui.”[2:216]

2. Perbanyak beribadah seperti sholat sunat dan membaca Al Quran

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ             
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar